Minggu, 09 Juni 2013

Upacara Wisuda Siswa SMA Negeri 42 Jakarta di Puri Ardya Garini Halim Perdana Kusuma



Denmas Priyadi Blog│Sabtu, 08 Juni 2013│10:02 WIB

Wisudawan dan wisudawati, bapak dan ibu guru duduk rapi menanti acara dimulai
Pagi itu, Senin, 03 Juni 2013 cuaca begitu cerah. Sang Surya menebarkan cahayanya yang kuning keperak-perakan. Sementara di gedung Puri Ardya Garini yang lokasinya terletak di sisi kanan jalan menuju bandara Halim Perdanakusuma, SMA Negeri 42 bersama dengan Komite Sekolah dan para orang tua murid siswa kelas XII IPA dan IPS menyelenggarakan upacara wisuda setelah sebelumnya mereka lulus seratus persen dalam menempuh UN (Ujian Nasional).

Kelompok Padus 42 dengan konduktor Joko Novarianto, S.Sn dan iringan piano Harry mengiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya
Tepat pukul 08:15 acara wisuda dimulai. Dengan penampilan yang mempesona dan menarik serta berwajah  cantik, ditambah berpakaian kebaya khas budaya Indonesia, sang pembawa acara menginformasikan susunan acara dengan suaranya yang lembut namun berartikulasi jelas kepada seluruh hadirin, bapak, ibu guru serta para wisudawan dan wisudawati yang duduk rapi didampingi para wali kelasnya masing-masing. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Soepratman oleh seluruh hadirin yang dibantu kelompok paduan suara SMAN 42 dengan konduktor Joko Novarianto S.Sn dan iringan piano, Harry pelatih paduan suara. Lantunan lagu Indonesia Raya pun berkumandang dengan gempita di seluruh ruang gedung Puri Adya Garini menambah suasana hikmat dan rasa nasionalisme yang semakin menguat dalam kebersamaan di setiap dada para hadirin.

Setelah lagu kebangsaan Indonesia Raya selesai dinyanyikan, semua hadirin pun dipersilahkan duduk kembali oleh pembawa acara. Dan, acara selanjutnya adalah berupa sambutan-sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia, kepala sekolah, komite sekolah dan pengawas paket.

Dalam kata sambutannya, kepala sekolah SMA Negeri 42, Drs. H. Luthfi, MM memberikan ucapan selamat dan berpesan kepada seluruh siswa kelas XII IPA dan IPS para wisudawan dan wisudawati, agar terus berjuang belajar dengan giat untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dengan tidak mengenal putus asa, penuh semangat, bekerja keras dan mencintai dengan apa yang diperjuangkannya yang tentunya dilambari pula dengan iman dan taqwa. 

Selain kata sambutan, acara juga diisi oleh hiburan pentas seni dari para siswa baik dari kelas x maupun dari para widawan dan wisudawati seperti tarian, teater, vocal, dan paduan suara SMA Negeri 42. Dalam kesempatan itu dibawakan pula lagu Hymne Wisuda SMAN 42 ciptaan Drs. Slamet Priyadi oleh kelompok Padus 42 dan seluruh wisudawan dan wisudawati sebagai lagu ilusterasi saat pelepasan mereka. Tepat pada pukul 12:21 WIB, acara wisuda siswa SMAN 42 berakhir. 

Boleh dikata, penyelenggaraan wisuda siswa SMA Negeri 42  T.P 2012-2013 berjalan mulus, lancar dan sukses. Seluruh panitia bekerja dengan kompak. Begitu pun para bapak dan ibu guru serta karyawan begitu antusias sekali untuk mensukseskan acara “Wisuda SMAN 42 tahun pelajaran 2012-2013. Sukses buat panitia penyelenggara. Jayalah, jayalah, jayalah SMA Negeri 42 Jakarta!!!

Penulis:
Drs. Slamet Priyadi di Kp. Pangarakan Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar